Perbandingan Campuran Udara dengan Bensin pada Motor dan Mobil
Pada mesin kendaraan bermotor di kenal dengan perbandingan campuran bahan bakar dan udara yang sering disebut AFR (Air Fuel Ratio). Tetapi perbandingan campuran bahan bakar (bensin) dan udara berbeda menurut kondisi kinerja/operasional mesin itu sendiri. Karena pada kondisi mesin dingin kebutuhan bahan bakar (bensin) berbeda dengan saat kondisi mesin panas.
Untuk lebih jelasnya akan saya terangkan tentang perbandingan udara dan bensin dan alasan - alasannya.
Pada mesin kendaraan bermotor di kenal dengan perbandingan campuran bahan bakar dan udara yang sering disebut AFR (Air Fuel Ratio). Tetapi perbandingan campuran bahan bakar (bensin) dan udara berbeda menurut kondisi kinerja/operasional mesin itu sendiri. Karena pada kondisi mesin dingin kebutuhan bahan bakar (bensin) berbeda dengan saat kondisi mesin panas.
Untuk lebih jelasnya akan saya terangkan tentang perbandingan udara dan bensin dan alasan - alasannya.
Mesin hidup pada suhu rendah (0-20 derajat Celcius)
AFR 1:1 sampai 1:5
Mengapa dibutuhkan perbandingan yang kaya bahan bakar pada kondisi mesin dingin.?
Pada saat kondisi mesin dingin, bahan bakar yang akan masuk ke dalam ruanf bakar sulit menguap dan akan melekat di dinding saluran masuk (Intake manifold). Sehingga memerlukan campuran bahan bakar yang lebih banyak.
Mesin saat melakukan Akselerasi
AFR 1:8
Mengapa dibutuhkan suplai bahan bakar tambahan pada saat mesin melakukan akselerasi.?
Karena berat jenis bahan bakar (bensin) berbeda dengan udara, maka bahan bakar tidak dapat mengimbangi jumlah udara yang masuk pada saat kendaraan melakukan akselerasi. Sehingga campuran menjadi kurus dan diperlukan suplai bahan bakar tambahan agar campuran menjadi sedikit gemuk.
Mesin putaran idel atau putaran rendah
AFR 1:11 sampai 1:13
Mengapa pada saat idel atau putaran rendah mesin memerlukan bahan bakar tambahan.?
Karena ketika mesin pada putaran idel/putaran rendah, kecepatan aliran udara dan bahan bakar juga rendah sehingga campuran bahan bakar dan udara tidak sempurna. Sehingga apabila ada tambahan bahan bakar, maka udara dan bahan bakar terbakar sempurna.
Mesin saat beban penuh
AFR 1:13
Mengapa pada saat beban penuh campuran bahan bakar (bensin) malah diperkaya.?
Karena ketika mesin dengan beban penuh di perlukan campuran bahan bakar yang lebih kaya agar daya mesin lebih maksimal.
Mesin saat putaran ekonomis (Econo riding)
AFR 1:18
Mengapa pada saat mesin pada putaran ekonomis, paling irit.?
Karena pada saat mesin pada putaran ekonomis, campuran bahan bakar (bensin) dan udara pada posisi campuran ideal atau sempurna, jadi bahan bakar dan udara terbakar habis.
Demikian Bengkel Informasi Buat Bikers Newbie Mengenai Perbandingan Campuran Udara dengan Bensin pada Motor dan Mobil. Silahkan Kunjungi Artikel Tentang Cara JOS Menghemat Bensin, Semoga Bermanfaat ...
Kunjungi terus Website Bengkel Uhuy Agar Anda Menjadi "UHUY" Khususnya Di Dunia Otomotif !!
AFR 1:1 sampai 1:5
Mengapa dibutuhkan perbandingan yang kaya bahan bakar pada kondisi mesin dingin.?
Pada saat kondisi mesin dingin, bahan bakar yang akan masuk ke dalam ruanf bakar sulit menguap dan akan melekat di dinding saluran masuk (Intake manifold). Sehingga memerlukan campuran bahan bakar yang lebih banyak.
Mesin saat melakukan Akselerasi
AFR 1:8
Mengapa dibutuhkan suplai bahan bakar tambahan pada saat mesin melakukan akselerasi.?
Karena berat jenis bahan bakar (bensin) berbeda dengan udara, maka bahan bakar tidak dapat mengimbangi jumlah udara yang masuk pada saat kendaraan melakukan akselerasi. Sehingga campuran menjadi kurus dan diperlukan suplai bahan bakar tambahan agar campuran menjadi sedikit gemuk.
Mesin putaran idel atau putaran rendah
AFR 1:11 sampai 1:13
Mengapa pada saat idel atau putaran rendah mesin memerlukan bahan bakar tambahan.?
Karena ketika mesin pada putaran idel/putaran rendah, kecepatan aliran udara dan bahan bakar juga rendah sehingga campuran bahan bakar dan udara tidak sempurna. Sehingga apabila ada tambahan bahan bakar, maka udara dan bahan bakar terbakar sempurna.
Mesin saat beban penuh
AFR 1:13
Mengapa pada saat beban penuh campuran bahan bakar (bensin) malah diperkaya.?
Karena ketika mesin dengan beban penuh di perlukan campuran bahan bakar yang lebih kaya agar daya mesin lebih maksimal.
Mesin saat putaran ekonomis (Econo riding)
AFR 1:18
Mengapa pada saat mesin pada putaran ekonomis, paling irit.?
Karena pada saat mesin pada putaran ekonomis, campuran bahan bakar (bensin) dan udara pada posisi campuran ideal atau sempurna, jadi bahan bakar dan udara terbakar habis.
Demikian Bengkel Informasi Buat Bikers Newbie Mengenai Perbandingan Campuran Udara dengan Bensin pada Motor dan Mobil. Silahkan Kunjungi Artikel Tentang Cara JOS Menghemat Bensin, Semoga Bermanfaat ...
Kunjungi terus Website Bengkel Uhuy Agar Anda Menjadi "UHUY" Khususnya Di Dunia Otomotif !!