Cara Mengganti Oli Mesin Buat Bikers NEWBIE

Cara Mengganti Oli Mesin Buat Bikers NEWBIE

Dalam artikel ini akan di jelaskan tentang bagaimana cara mengganti Oli dengan benar. Alangkah lebih baik kita mengetahui dulu Apa OLI MESIN itu ? !! Nah setelah memahami tentang penjelasan Oli di artikel sebelumnya, maka langsung kita lanjutkan ke Cara Mengganti Oli Mesin Buat Bikers NEWBIE

Perawatan motor perlu kita lakukan secara rutin agar tak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, lebih parah lagi karena pada mesin terjadi gesekan komponen satu dan lainnya, jika dibiarkan tanpa memperdulikan perawatan yang rutin bakal terjadi keausan komponen-komponen tersebut, cuma satu hal yang harus di ingat, jangan mengganti oli motor dengan oli mobil, karena oli mobil di rancang khusus untuk mesin yang menggunakan kopling kering, sedangkan mesin motor menggunakan kopling basah dan koplingnya harus terendam oli efeknya kopling sering selip. Periode penggantian oli mesin motor pada umumnya adalah 2000-3000 KM jika pemakaian normal setiap hari dan memakai oli SAE 20W/50, dan motor yang jarang dipakai atau lebih banyak terjebak macet dijalanan penggantian oli motor sebaiknya dipercepat sekitar 1.500 KM karena dengan pemakaian jarak pendek dan jarang tersebut, suhu mesin tidak optimal dan akan terdapat banyak partikel air hasil pembakaran didalam bak oli. 
http://bengkeluhuy.blogspot.com/

Berikut ini cara mengganti oli motor :

1. Sebelum mengganti oli sebaiknya panaskan mesin motor anda kurang lebih 5 menit. setelah itu keluarkan oli saat keadaan mesin masih agak panas karena oli menjadi lebih encer. AWASS...!!! Jangan Anda lakukan pergantian oli saat mesin masih terlalu panas karena dapat membuat metal memuai akhirnya drat baut menjadi rusak.

2. Hindari penggunaan angin Kompresor karena udara dari kompresor mengandung air sehingga bisa beresiko menimbulkan karat dan kwalitas oli akan menurun karena tercampur air. Sebaiknya diselah/dikayuh saja menggunakan foot starter 3 sampai 5 kali supaya sisa oli turun.

3. Gunakan Foot Starter. Untuk memastikan oli lama sudah keluar semuanya, lakukan cranking atau putar mesin Anda menggunakan foot starter beberapa kali. Boleh menggunakan electric starter tapi harus dibatasi, jangan terlalu lama.

4. Kocok Oli Baru. Sebelum oli baru di masukkan, jangan lupa untuk mengocok-ngocoknya terlebih dahulu. Fungsinya agar lapisan tipis pelindung mesin pada saat bergesekan yang bisanya mengendap di bawah dapat tercampur kembali dengan baik.

5. Dan jangan lupa ganti filter oli setiap 7.500-8.000 KM

SELAMAT MENCOBA !!!!!!

Demikian Bengkel Informasi Buat Bikers Newbie Tentang Cara Mengganti Oli Mesin Buat Bikers NEWBIE. Silahkan Kunjungi Artikel Tentang EFEK Oli Mesin Motor Melebihi Kapasitas, Semoga Bermanfaat ...

Kunjungi terus Website BengkelUhuy.Com Agar Anda Menjadi "UHUY" Khususnya Di Dunia Otomotif !!

Bengkel Uhuy 4/12/2013 08:41:00 AM