Cara Penyetelan Idle/Langsam Pada Karburator Motor dan Mobil
Hari ini saya akan menjelaskan langkah - langkah penyetelan idle pada karburator. Sekrup penyetel udara di dunia bengkel sering kali disebut baut penyetel angin - angin. Tugasnya adalah mengatur volume udara yang masuk agar perbandingan udara dan bahan bakar sesuai dengan Air Fuel Ratio (AFR).
Langkah - langkah penyetelan sekrup udara pada sistem idle pada karburator motor sbb:
1. Sebelum anda melakukan penyetelan pada sekrup udara, sebaiknya setelan gas pada karburator di buat agak tinggi agar mesin tidak gampang mati pada saat penyetelan pada sekrup udara nanti.
2. Selanjutnya putar sekrup penyetel searah jarum jam (kanan) sampai mentok, tapi perlu diingat jangan sampai dikeraskan karena akan merusak komponen karburator.
3. Langkah ketiga, putar sekrup melawan arah jarum jam (kekiri)sampai di cari putaran mesin tertinggi. Pada saat putaran mesin tertinggi bisa diartikan campuran bahan bakar dan udara paling sesuai dengan AFR.
4. Jika putaran tertinggi mesin telah ditemukan, kembalikan posisi setelan gas pada posisi semula (putaran stasioner) dan penyetelan telah selesai dilakukan.....
Langkah penyetelan sekrup udara ini juga bisa di terapkan pada motor yang di modifikasi dengan merubah setingan pilot jet pada karburatornya.
Tetapi pihak pabrikan sering kali memberi petunjuk penyetelan sekrup udara dengan 2-3 putaran kekiri setelah mentok, misalnya 2 1/4 putaran kekiri. Ini dimaksudkan untuk menjadi acuan mempermudah setingan bagi pemilik motor yang ingin mensetting karburator motornya sendiri.
Hari ini saya akan menjelaskan langkah - langkah penyetelan idle pada karburator. Sekrup penyetel udara di dunia bengkel sering kali disebut baut penyetel angin - angin. Tugasnya adalah mengatur volume udara yang masuk agar perbandingan udara dan bahan bakar sesuai dengan Air Fuel Ratio (AFR).
Langkah - langkah penyetelan sekrup udara pada sistem idle pada karburator motor sbb:
1. Sebelum anda melakukan penyetelan pada sekrup udara, sebaiknya setelan gas pada karburator di buat agak tinggi agar mesin tidak gampang mati pada saat penyetelan pada sekrup udara nanti.
2. Selanjutnya putar sekrup penyetel searah jarum jam (kanan) sampai mentok, tapi perlu diingat jangan sampai dikeraskan karena akan merusak komponen karburator.
3. Langkah ketiga, putar sekrup melawan arah jarum jam (kekiri)sampai di cari putaran mesin tertinggi. Pada saat putaran mesin tertinggi bisa diartikan campuran bahan bakar dan udara paling sesuai dengan AFR.
4. Jika putaran tertinggi mesin telah ditemukan, kembalikan posisi setelan gas pada posisi semula (putaran stasioner) dan penyetelan telah selesai dilakukan.....
Langkah penyetelan sekrup udara ini juga bisa di terapkan pada motor yang di modifikasi dengan merubah setingan pilot jet pada karburatornya.
Tetapi pihak pabrikan sering kali memberi petunjuk penyetelan sekrup udara dengan 2-3 putaran kekiri setelah mentok, misalnya 2 1/4 putaran kekiri. Ini dimaksudkan untuk menjadi acuan mempermudah setingan bagi pemilik motor yang ingin mensetting karburator motornya sendiri.
Demikian Bengkel Informasi Buat Bikers Newbie Mengenai Cara Penyetelan Idle/Langsam Pada Karburator Motor dan Mobil. Silahkan Kunjungi Artikel Sebelumnya Tentang TRIK-TRIK Menghemat Bahan Bakar Bensin, Semoga Bermanfaat ...
Kunjungi terus Website BengkelUhuy.Com Agar Anda Menjadi "UHUY" Khususnya Di Dunia Otomotif !!