TRIK-TRIK Menghemat Bahan Bakar Bensin Motor Dan Mobil

Karena harga minyak dunia melambung tinggi, pemerintah berencana akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Dan pemerintah berencana akan membatasi penggunaan BBM untuk kendaraan. Bagaimanakah nasib para biker yang suka Touring ?. Oleh sebab itu kali ini kita akan membahas TRIK-TRIK Menghemat Bahan Bakar Bensin untuk motor.

Perhatikan hal - hal berikut ini :

1. Pastikan filter udara pada motor selalu bersih, karena apabila kotor akan mengakibatkan terhambatnya pasokan udara ke ruang bakar. Pada akhirnya campuran bahan bakar dan udara menjadi kaya bahan bakar.

2. Periksa tekanan udara pada ban kendaraan, karena dengan berkendara dalam kondisi tekanan udara ban yang minim akan menambah beban kinerja mesin. Ujung - ujungnya Boros bahan bakar. Untuk mengetahui berapa tekanan ban yang pas untuk motor anda, perhatikan stiker di sekitar box CVT pada matik dan pada swing arm pada bebek dan motor sport. Lakukanlah pemeriksaan berkala setiap satu bulan sekali.

3. Kurangi beban motor, terutama bagi bikers yang senang touring. Apabila tidak sedang touring SIDE BOX dan REAR BOX mending di copot saja. Dengan pengurangan bobot kendaraan akan meringankan kinerja mesin motor anda.

4. Apabila tidak dalam keadaan mendesak jangan ngebut, lakukan econo riding. Berkendaralah dengan kecepatan 40 - 60 km/jam, apalagi di dalam kota.

5. Jangan berkendara dengan ala pembalap, yaitu dengan berakselerasi dan mengerem secara mendadak. Lakukan akselerasi dengan halus dan bertahap dan hindari mengerem secara mendadak, apabila ini bisa di lakukan akan menghemat bahan bakar 30%.
http://bengkeluhuy.blogspot.com/
6. Gunakanlah oli yang lebih encer, misalnya SAE 10w-30, karena dengan oli encer putaran mesin akan lebih ringan.

7. Pada saat pagi hari, jangan memanaskan mesin terlalu lama. Cukup 1 menit saja, karena tehnologi pelumas saat ini dapat membentuk lapisan film pada setiap komponen mesin.

8. Hindari jalanan macet, para bikers pastilah tahu jam - jam sibuk dan padat di jalan.

9. Segera lepaskan throttle gas, apabila mau berhenti. Hal ini dapat langsung mengurangi pasokan bahan bakar pada mesin.

10. Periksa kelurusan putaran ban / velg, dengan tidak lurusnya putaran roda akan mengakibatkan boros bahan bakar.

11. Cucilah kendaraan dengan bersih, terutama pada bagian mesin. Karena kotoran yang menempel pada mesin mempengaruhi terhambatnya pelepasan panas mesin.

Demikian Bengkel Informasi Buat Bikers Newbie Mengenai TRIK-TRIK Menghemat Bahan Bakar Bensin. Silahkan Kunjungi Artikel Tentang Cara Penyetelan Idle/Langsam Pada Karburator Motor dan Mobil, Semoga Bermanfaat ...

Kunjungi terus Website BengkelUhuy.Com Agar Anda Menjadi "UHUY" Khususnya Di Dunia Otomotif !!

Bengkel Uhuy 4/20/2013 08:04:00 AM